Sukseskan Pemilu, bright PLN Batam Gelar Apel Siaga untuk Pelayanan

Foto Istimewa

KritisNews.com, Batam – bright PLN Batam menggelar apel siaga untuk menyukseskan pelaksanaan Pemilu 2019, di halaman Kantor Unit Bisnis Distribusi dan Pelayanan, Komplek Capitol Superblock Imperium, Baloi, Kota Batam, Rabu, (10/04/2019).

Dirut bright PLN Batam Dadan Kurniadipura mengatakan, apel siaga  dan pengamanan sistem kelistrikan pada Pemilu 2019 dimaksudkan bahwa PLN Batam siap menyukseskan pelaksanaan Pemilu 2019. Jajaran, petugas, maupun peralatan serta armada akan disiagakan hingga proses penghitungan hasil Pemilu 2019.

“Tentunya semua perangkat kami siagakan sampai pada proses penghitungan suara nanti. Sekarang sistemnya online, sehingga dibutuhkan listrik yang handal. Untuk mengantisipasi apabila terjadi gangguan yang tidak direncanakan, PLN menyiapkan cadangan berupa genset,” ujar Dadan.

Bantuan Genset akan disiagakan di 11 Kecamatan, termasuk juga KPU dan Bawaslu.

“Kami menyiapkan cadangan (genset) apabila dari sistem ada gangguan. Selain di kecamatan, kami juga menyiapkan satu unit genset di KPU dan Bawaslu,” kata Dadan.

Sedangkan total personel bright PLN Batam yang disiagakan pada Pemilu 2019 sebanyak 120 orang. Apabila terjadi gangguan di luar perencanaan, petugas PLN Batam segera menindaklanjuti dan melakukan perbaikan.

“Jadi saat ini, secara total nggak ada masalah. Kalau ada gangguan, hal itu di luar perencaaan kami. Gangguan tersebut misalnya, tiba-tiba ada jaringan gangguan, atau ada pembangkit kita mengalami gangguan. Ada mesin yang shutdown, lalu masuk lagi. Nah, kejadian-kejadian seperti yang di luar perencanaan kami,” ungkapnya.

Dadan juga mengatakan, saat ini ada sedikit gangguan di PLTGU Tanjunguncang, dimana ada dua unit mesin dengan total kapasitas 120 MW. Saat ini baru bisa masuk sebesar 60 MW, selebihnya 60 MW masih dalam proses.

“Kami harapkan pada Juni nanti sudah masuk. Komitmen kami yakni PLN Batam siap menyukseskan pelaksanaan Pemilu 2019 agar berjalan baik dengan kehandalan listrik yang baik juga. Saat ini seluruh mesin pembangkit PLN Batam dinyalakan untuk mendukung kelancara Pemilu 2019,” ungkapnya.

Komisioner KPU Sudarmadi dalam kesempatan itu mengatakan, KPU Batam mengapresiasi apel siaga dan bantuan Genset yang disiagakan PLN Batam di KPU. Pengadaan genset akan sangat membantu kerja KPU untuk menyukseskan tahapan pemilu.

“Kami mengapresiasi upaya yang dilakukan PLN Batam. Dapat kita lihat di sini bahwa PLN Batam mendukung penuh ketersediaan listrik, mulai awal hingga tahapan akhir Pemilu 2019 nanti,” katanya.

Ketua Bawaslu Kota Batam, Syailendra Reza mengatakan, sebetulnya ini merupakan langkah besar yang dilakukan PLN Batam. Dibandingkan lima tahun lalu, kata Reza, persiapan PLN Batam kali ini lebih bagus.

“Kami juga mendapatkan bantuan genset. Harapan kami listrik tetap handal selama pelaksanaan Pemilu, karena di saat KPU melakukan penghitungan suara, kami di Bawaslu juga melakukan penghitungan suara. Kestabilan listrik sangat dibutuhkan,” tutupnya. (*)

News Feed